Firnando,, Ahmad hendi (2022) PERAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM MEMBIMBING SISWA TERAMPIL MEMBACA PADA MASA COVID-19 DI KELAS RENDAH MI PLUS NUR RAHMA KELURAHAN KANDANG MAS KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (skripsi)
AHMAD HENDI FIRNANDO.pdf Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Peran Guru Bahasa Indonesia Dalam Membimbing Siswa Terampil Membaca Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Rendah MI Plus Nur RahmaKelurahan Kandang Mas Kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini 1) untuk mengetahui peran guru bahasa Indonesia dalam membimbing siswa terampil membaca pada masa pandemi covid-19 di kelas rendah MI Plus Nur Rahma Kelurahan Kandang Mas Kota Bengkulu. 2) untuk mengetahui metode apa yang dilakukan guru bahasa Indonesia dalam membimbing siswa terampil membaca pada masa pandemi covid-19 di kelas rendah MI Plus Nur Rahma Kelurahan Kandang Mas Kota Bengkulu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif non partisipan dan metode analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui penjelasan langsung dari kepala sekolah dan guru kelas rendah mata pelajaran Bahasa Indonesia sekolah MI Plus Nur Rahma kota Bengkulu sebagai unit analisis penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Peran guru bahasa Indonesia pada masa pandemi covid 19 yakni memberikan semangat, dan berusaha semaksimal mungkin untuk mempraktekkan dan menjelaskan apa yang menjadi kendala bagi murid yang kurang paham terhadap pelajaran bahasa tersebut. 2) Adapun metode yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia dalam membimbing siswa terampil membaca pada proses belajar mengajar di masa pandemic covid-19 dengan berusaha membuat video tutorial dan membuat sesuatu inovasi yang menarik serta mudah dipahami dalam belajar membaca dan menulis, sehingga siswa mampu untuk menerima materi secara baik tanpa terkendala masalah jaringan internet.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Bahasa Indonesia, Masa Pademi Covid-19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 04:03 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 04:03 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8261 |
Actions (login required)
View Item |