Nopiati,, Elli (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE BELAJAR STUDY CLUB DENGAN ONLINE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V MIN 2 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
ELLI NOPIATI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19 antara yang menggunakan metode belajar study club dengan online pada mata pelajaran IPS di Kelas V MIN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantittif komparatif. Pengambilan sampel dengan teknik proporsional random sampling dengan sampel yang diambil yaitu 24 orang siswa Kelas V.A sebagai kelas eksperimen dan 24 orang siswa Kelas V.B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi dan dokumentasi berupa data Nilai UTS dan Nilai UAS siswa Kelas V.A dan V.B MIN 2 Kota Bengkulu pada mata pelajaran IPS pada Semester II tahun ajaran 2020-2021. Uji hipotesis data dengan menggunakan uji t berpasangan (paired t-test). Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19 antara yang menggunakan metode belajar study club dengan online pada mata pelajaran IPS di Kelas V MIN 2 Kota Bengkulu. Hal tersebut dibuktikan dari hasil nilai uji indepdendent samples t-test (t-hitung) sebesar 2,258 dan nilai t-tabel sebesar 2,013 dengan nilai p sebesar 0,029. Karena nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (2,258 > 2,013) atau nilai p < 0,05 maka dapat dikatakan adanya perbedaan rata-rata antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (H0) ditolak. Dengan demikian penggunaan metode belajar study club lebih meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas V dibandingkan penggunaan pembelajaran online di masa pandemi covid-19.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar IPS, Study Club, Pembelajaran Online. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 17 May 2022 06:46 |
Last Modified: | 17 May 2022 06:46 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8356 |
Actions (login required)
View Item |