PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM PEMBELAJARAN FULLDAY SCHOOL DI SMPN 12 MUKOMUKO

Setiawan, Arip (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM PEMBELAJARAN FULLDAY SCHOOL DI SMPN 12 MUKOMUKO. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
ARIP SETIAWAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Program Pembelajaran Full Day School. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembentukan karakter dengan program pembelajaran full day school. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan yuridis, teologis, normatif, paedagodik, fenomenologis, dan pendekatan sosiologis. Lokasi penelitian ini pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Mukomuko. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Sumber data primer yaitu meliputi kepala sekolah, dan guru-guru. Sumber data sekunder adalah dokumen-dokumen yang terkait dengan objek yang akan diteliti. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan menggunakan triangulasi untuk memastikan validitas data terhadap fokus yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pembentukan karakter peserta didik melalui program pembelajaran fullday school diselenggarakan melalui tahapan kedisiplinan yang diterapkan dalam pembiasaan, keteladanan, penguatan dan happy learning. Dengan demikian melalui cara-cara tersebut, pembentukan good character anak di SMPN 12 Mukomuko dapat tercapai. Yaitu dimulai dari proses kedatangan, upacara/apel pagi, proses kegiatan belajar mengajar, shalat berjamaah, sholat duha, sholat zuhur dan sholat asar, break time and lunch, tidur siang dan terakhir pulang sekolah. Sebelum peserta didik belajar diberlakukan membaca al-qur’an dan bertafaquran di setiap hari jumat serta sholat jum’at berjamaah. Sehingga sekolah yang menanamkan nilai-nilai agama dalam kurikulum dan pembelajaran akan menjadikan pembiasaan dan pembinaan bagi diri siswa untuk memperbaiki karakternya. Program pembelajaran fullday school merupakan sekolah sehari penuh yang dirancang memberikan pembelajaran yang bermutu, membentuk akhlak peserta didik yang lebih baik dengan pembiasaan yang diberikan. Serta prestasi yang didapatkan lebih maksimal dan berkualitas. Sehingga yang diharapkan dari program pembelajaran fullday school untuk memberikan dasar yang kuat dan meningkatkan karakter keagamaan, karakter nasionalisme dan karakter social. Maka siswa dapat terhindar dari segala macam pengaruh negatif di luar sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Full Day School, Karakter Religius, Pemahaman Keagamaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 20 May 2022 08:01
Last Modified: 20 May 2022 08:01
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8376

Actions (login required)

View Item View Item