PEMBARUAN PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN MOHAMMAD NATSIR DAN RELEVANSINYA TERHADAP ERA GLOBALISASI 4.0)

Asminarti, Elna (2022) PEMBARUAN PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN MOHAMMAD NATSIR DAN RELEVANSINYA TERHADAP ERA GLOBALISASI 4.0). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
ELNA ASMINIARTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Menganalisis pemikiran Mohammad Natsir tentang pendidikan slam dan Mengetahui Relevansi pemikiran Mohammad Natsir dalam pembaharuan pendidikan islam di Indonesia. Metode dalam penelitian tersebut menggunakan metode kualitatif dengan teknik yang membahas tentang kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah konsep pendidikan yang terkenal dari Natsir adalah konsep pendidikan yang integral, harmonis, dan universal. Yang artinya bahwa suatu sistem pendidikan yang tidak mengenal dikotomi atau pemisahan antara ilmu umum dan ilmu agama tetapi semua dasar ilmu baik itu ilmu umum maupun ilmu agama adalah Al-quran Dan Hadis. Konsep ini merupakan hasil dari ijtihad dan renungan yang digali Natsir langsung dari Al-qur‟an dan hadis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembaruan, Paradigma, Pendidikan Islam, Mohammad Natsir
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 20 May 2022 08:02
Last Modified: 20 May 2022 08:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8386

Actions (login required)

View Item View Item