Asminarti, Elna (2022) PEMBARUAN PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN MOHAMMAD NATSIR DAN RELEVANSINYA TERHADAP ERA GLOBALISASI 4.0). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
Text (Skripsi)
ELNA ASMINIARTI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan Menganalisis pemikiran Mohammad Natsir tentang pendidikan slam dan Mengetahui Relevansi pemikiran Mohammad Natsir dalam pembaharuan pendidikan islam di Indonesia. Metode dalam penelitian tersebut menggunakan metode kualitatif dengan teknik yang membahas tentang kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah konsep pendidikan yang terkenal dari Natsir adalah konsep pendidikan yang integral, harmonis, dan universal. Yang artinya bahwa suatu sistem pendidikan yang tidak mengenal dikotomi atau pemisahan antara ilmu umum dan ilmu agama tetapi semua dasar ilmu baik itu ilmu umum maupun ilmu agama adalah Al-quran Dan Hadis. Konsep ini merupakan hasil dari ijtihad dan renungan yang digali Natsir langsung dari Al-qur‟an dan hadis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembaruan, Paradigma, Pendidikan Islam, Mohammad Natsir |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.IP Furqon Adli |
Date Deposited: | 20 May 2022 08:02 |
Last Modified: | 20 May 2022 08:02 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8386 |
Actions (login required)
View Item |