DINAMIKA PEMBELAJARAN DI PESANTREN DALAM MERESPON REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (STUDI PADA PONDOK PESANTREN SALAFIYAH HIDAYATUL QOMARIYAH KOTA BENGKULU)

Wardani, Fiska Amelia Kusuma (2022) DINAMIKA PEMBELAJARAN DI PESANTREN DALAM MERESPON REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (STUDI PADA PONDOK PESANTREN SALAFIYAH HIDAYATUL QOMARIYAH KOTA BENGKULU). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
FISKA AMELIA KUSUMA WARDANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu terhadap Revolusi Industri 4.0 dan Faktor Pendukung dan Penghambat santri dalam merespon Revolusi Industri 4.0 di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Respon Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu yaitu sebagian dari santri di pesantren merespon dan sebagian lainnya tidak terlalu memperdulikan perkembangan zaman yang sedang terjadi di luar pesantren. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat santri dalam merespon Revolusi Industri 4.0 di Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu antara lain sebagai berikut: Faktor Pendukungnya ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internalnya berupa nilai jual yang dimiliki pesantren untuk masyarakat yaitu kinerja pengurus dan tenaga pendidik yang baik, keunggulan kurikulum dan biaya pendidikan yang terjangkau. Faktor eksternalnya yaitu respon positif dari masyarakat dilihat dari kepercayaan mereka menitipkan anaknya untuk belajar di Pondok Pesantren. Sedangkan faktor penghambat ada dua juga yaitu faktor internalnya kurangnya lahan untuk perluasan wilayah Pondok Pesantren Salafiyah Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu dan kurangnya tenaga pengajar. Sedangkan faktor eksternalnya yang pertama, kurangnya dukungan dari masyarakat sekitar dan kompetisi antar lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dinamika, Pembelajaran, Pondok Pesantren, Revolusi Industri 4.0.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 20 May 2022 08:03
Last Modified: 20 May 2022 08:03
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8403

Actions (login required)

View Item View Item