STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SERUNTING KOTA BENGKULU

NANDA, PENTI FISKA (2022) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP SERUNTING KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
PENTI FISKA NANDA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang sangat menonjol yaitu bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi dan kinerja guru pendidikan agama Islam di SMP Serunting Kota Bengkulu. Tujuan penelitian ini adalah supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di SMP Serunting Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, karena data-data yang diperoleh di lapangan adalah berupa uraian kata-kata serta ungkapan secara deskripsi dari hasil wawancara responden dan observasi. Hasil penelitian ini adalah Pertama, upaya peningkatan kompetensi guru pada proses pembelajaran terdiri dari: 1) supervisi akademik pada perencanaan pembelajaran terdiri dari pembimbingan dalam merumuskan tujuan pembelajaran. 2) supervisi akademik pada pelaksanaan pembelajaran, 3) supervisi akademik pada evaluasi pembelajaran. Kedua, kinerja guru Pendidikan Agama Islam, yang terdiri dari: 1) perencanaan pembelajaran, yaitu: guru Pendidikan Agama Islam mempersiapkan rencana program pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran: dapat menyampaikannya dengan baik tanpa ada kesulitan dari segi materi, sehingga materi yang disampaikan dapat berlangsung dengan lancar. 3) evaluasi pembelajaran, yakni guru mengembangkan jenis penilaian terhadap hasil belajar siswa, sehingga dapat mewujudkan penilaian secara optimal. Ketiga, Faktor�faktor pendukung dan penghambat dalam upaya peningkatan kompetensi dan kinerja guru: 1) Keberhasilan pelaksanaan supervisi kepala sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukungnya, yakni guru yang menjadi sasaran supervisi kepala sekolah bersikap koperatif dan terbuka terhadap proses supervisi. 2) faktor penghambat pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam upaya peningkatan kinerja guru Pendidikan Agama Islam, adanya permasalahan yang muncul pada pembelajaran Pendidikan agama Islam adalah sempitnya alokasi waktu untuk pelaksanaan pembelajaran PAI Selain itu, sulitnya merubah aplikasi penyelenggaraan pendid

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kompetensi Guru, Kinerja Guru, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Syahril Syahril M.Ag
Date Deposited: 20 May 2022 07:52
Last Modified: 20 May 2022 07:52
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8414

Actions (login required)

View Item View Item