PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HAFALAN JUZ 30 PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

Centuriansya, Indri (2021) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HAFALAN JUZ 30 PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
INDRI CENTURIANSYA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh lingkungan belajar terhadap hafalan juz 30 pada mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Bengkulu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh lingkungan belajar terhadap hafalan juz 30 pada mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diteliti sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Selain itu data digunakan menggunakan uji hipotesis meliputi uji regresi linier sederhana, uji-f dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengaruh lingkungan belajar signitifikan terhadap hafalan juz 30 pada mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, dengan persamaan regresi linear lingkungann belajar dengan hafalan juz 30 pada mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. ̂ = 92,01+ 0,16 X yang artinya dimana Y (hafalan juz 30 mahasiswa Prodi lingkungan belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu Bengkulu ) X (pengaruh lingkungan belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu) dimana lingkungan belajar (X) dalam mempengaruhi hafalan juz 30 pada mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu (Y) sebesar 36% dilihat dari perhitungan Koefisien Determinasi, sementara 64% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar, Hafalan Juz 30
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 23 May 2022 02:13
Last Modified: 23 May 2022 02:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8426

Actions (login required)

View Item View Item