PERSEPSI GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING DI TVRI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SDN 09 KEPAHIANG

Martines,, Lesvi (2022) PERSEPSI GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING DI TVRI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III SDN 09 KEPAHIANG. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
LESVI MARTINES.pdf

Download (6MB)

Abstract

Secara etimologis, persepsi atau dalam bahasa inggris perception berasal dari bahasa latin (percipere), yang artinya menerima atau mengambil. Persepsi adalah pengalaman tentang objek, pristiwa, atau hubungan-hubungan yang diproleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Persepsi adalah suatu proses tentang petunjuk-petunjuk inderawi (pengalaman) masa lampau yang relevan diorganisasikan untuk memberikan kepada kita gambaran yang terstruktur dan bermakna pada suatu situasi tertentu. Persepsi guru merupakan suatu proses bagaimana guru menyeleksi, mengatur dan menginterpretasikan masukan-masukan informasi dan pengalaman-pengalaman yang ada dan kemudian menafsirkannya untuk menciptakan keseluruhan gambaran yang berarti. Kemendikbud menyiapkan program Belajar Dari Rumah yang ditayangkan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) untuk jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD). Tayangan tersebut dimulai dari bulan Januari sampai dengan Maret 2021, setiap hari Senin sampai dengan Jum’at pukul 08.00 – 11.30. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru pada proses pembelajaran di TVRI pada mata pembelajaran Tematik kelas III SD Negeri 09 Kepahiang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Proses pembelajaran daring di TVRI sudah terlaksanakan namun kurang baik, proses pembelajaran dilaksanakan melalui siaran tv TVRI. 2) Faktor umum dalam penghambat pembelajaran daring di TVRI yaitu tidak semua rumah siswa memiliki saluran tv TVRI dan durasi penayangan dan penjelasan yang sangat singkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran di TVRI, Tematik.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 30 May 2022 03:02
Last Modified: 30 May 2022 03:02
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8442

Actions (login required)

View Item View Item