Dewi,, Sukma (2022) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI GURU KELAS DENGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SD NEGERI 47 SELUMA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
SUKMA DEWI.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidak hubungan antara kemampuan berkomunikasi guru kelas dengan keaktifan belajar siswa SDN 47 Seluma. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan korelatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, sampel dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan: Hasil penelitian diperoleh dari penghitungan data yang dianalisis menggunakan Microsoft Excel, dengan hasil perhitungan t hitung 4,039 dengan nilai t tabel 1,98667, dengan tingkat kemampuan berkomunikasi guru dan keaktifan siswa sama-sama berada pada level sedang dengan persentase 65% dan 63%. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan kemampuan berkomunikasi guru kelas dengan keaktifan belajar siswa SDN 47 Seluma. Artinya, apabila kemampuan berkomunikasi guru selama proses pembelajaran itu baik maka secara otomatis siswa akan menjadi lebih tertarik dengan materi-materi yang disampaikan dan akan menjadi lebih aktif. Begitu pula sebaliknya, apabila guru memiliki kemampuan berkomunikasi buruk maka dapat dipastikan siswa tidak akan tertarik dengan materi yang disampaikan, dan dapat dipastikan keaktifan siswa juga akan menurun. Sehingga dapat dinyatakan hipotesis Ha yang menyatakan “terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi guru kelas dengan keaktifan belajar siswa” diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berkomunikasi Guru Kelas, Keaktifan Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 31 May 2022 01:21 |
Last Modified: | 31 May 2022 01:21 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8492 |
Actions (login required)
View Item |