Sari,, Wahyu novita (2022) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGHAFAL AL-QURAN DENGAN METODE TIKRAR PADA PELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN (STUDI PADA SDIT AL QISWAH KOTA BENGKULU). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
WAHYU NOVITA SARI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa dengan metode tikrar pada pelajaran tahfizh di SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa dengan metode tikrar tersebut. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan dengan menggunakan desain penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan teknik keabsahan datanya yaitu perpanjangan keikutsertaan peneliti dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa dengan metode tikrar pada pelajaran tahfizh di SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu yaitu guru menerapkan metode tikrar pada setiap ayat al-Qur’an yang akan dihapalkan siswa sampai siswa benar dalam membaca dan menghafal ayat tersebut. Setelah siswa menguasai hafalan ayat tersebut maka guru melakukan beberapa cara agar hafalan ayat tersebut tetap terpelihara dalam pikiran siswa, seperti: siswa mengulang hafalan al-Qur’an yang lama yang disimak oleh teman dengan berhadapan antara dua orang (berpasangan), siswa mengulang hafalan alQur’an yang lama kepada guru, siswa mengikuti ujian mengulang hafalan alQur’an yang dilaksanakan satu bulan sekali, dan siswa mengikuti program mengulang hafalan al-Qur’an dengan sistem satu hari satu ayat; 2) Hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa dengan metode tikrar pada pelajaran tahfizh di SDIT Al-Qiswah Kota Bengkulu yaitu: a) Masih ada siswa yang belum lancar dalam membaca al-qur’an sehingga terhambat dalam menghafal ayat; b) Bacaan al-Qur’an siswa yang tidak bagus, baik dari segi makhrojul huruf, kelancaran membaca ataupun tajwidnya sehingga lambat dalam menghafal ayat; c) Siswa yang tidak sabar serta tidak bersungguh-sungguh dalam menghafal al-Qur’an sehingga menimbulkan rasa bosan dan malas dalam menghafal; d) Siswa yang tidak istiqamah/tidak konsisten dalam mengulang hafalan al-Qur’an sehingga mempercepat hilangnya hafalan; e) Siswa yang tidak mengulang hafalan al-Qur’an secara rutin di rumah; dan f) Siswa yang terlalu berambisi menambah banyak hafalan baru padahal hafalan yang lama belum dhabit dan lancar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menghafal, Metode Tikrar, Al-Qur’an |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 31 May 2022 02:31 |
Last Modified: | 31 May 2022 02:31 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8500 |
Actions (login required)
View Item |