STRATEGI GURU DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI KOTA BENGKULU

Suhaya, Noma (2021) STRATEGI GURU DALAM SISTEM PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
NOMA SUHAYA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitrian ini yaitu: Pertama, mengetahui strategi guru dalam sistem pembelajaran daring di SMP Negeri kota Bengkulu. Kedua, mengetahui kendala yang dihadapi guru saat melakukan pembelajaran sistem daring di SMP Negeri kota Bengkulu. Ketiga, mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi masalah saat melakukan pembelajaran sistem daring di SMP Negeri kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan penedekatan kualitaf deskriptif. Informan penelitian ini adalah guru PAI SMP Negeri kota Bengkulu (SMP Negeri 7, SMP Negeri 14, dam SMP Negeri 6 Kota Bengkulu). Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi. Berdasarkan penyajian dan pembahasan data penelitian maka dapat disimpulkan bahawa pertama, Starategi guru dalam sistem pembelajaran daring di SMP Negeri kota Bengkulu yaitu dengan memilih media yang sesuai, memilih metode pembelajaran yang tepat, memilih aplikasi daring yang tersedia, menggunakan teknik kerjasama dengan wali murid, menerapkan sistem pembelajaran daring dan luring, dan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada. Kedua, kendala yang dihadapi guru saat melakukan pembelajaran sistem daring di SMP Negeri kota Bengkulu yaitu: Guru kesulitan mengontrol siswa, terdapat siswa kurang memahami materi pembelajaran, jaringan internet yang tidak stabil, terdapat siswa yang belum memiliki hanphone, dan terdapat guru yang tidak menggunakan aplikasi daring. Ketiga, upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi masalah saat melakukan pembelajaran sistem daring di SMP Negeri kota Bengkulu adalah dengan guru memberikan motivasi kepada siswa, mengizinkan siswa datang kesekolah sekali dalam seminggu, saling bantu dalam menggunakan aplikasi daring, dan sekolah menyediakan wifi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.IP Furqon Adli
Date Deposited: 31 May 2022 07:28
Last Modified: 31 May 2022 07:28
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8517

Actions (login required)

View Item View Item