Safitri, Anisa (2022) PEMANFAATAN MASJID SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN PRAKTIK IBADAH DI MASJID AL-MUTTAQIN II KECAMATAN KOTA MANNA. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text
SKRIPSI ANISA KASET.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja manfaat masjid sebagai sumber belajar pendidikan agama islam dalam pembinaan praktik ibadah di Masjid Al-Muttaqin II Kecamatan Kota Manna. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang terkumpul. Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis berkesimpulan bahwa, dari data-data yang ditemukan masih banyak faktor-faktor penghambatan dalam pemanfaatan masjid yang belum di manfaatkan sebagai sumber belajar pendidikan agama islam dalam pembinaan praktik ibadah di masjid Al-Muttaqin II. Masjid Al-Muttaqin II Kecamatan Kota Manna di manfaatkan sebagai sumber belajar pendidikan agama islam melalui kegiatan-kegiatan yang di laksanakan di masjid yang berhubungan dengan pendidikan agama islam, serperti dengan adanya kegiatan TPQ (Taman Pembelajaran Qur‟an) pada anak-anak yang tinggal di sekitar lingkungan masjid. Anak-anak memanfaatkan masjid Al-Muttaqin II sebagai tempat mereka belajar, baik itu belajar membaca al-qur‟an, pelajaran yang berhubungan dengan agama islam dan penerapan praktik ibadah pada anak-anak, sehingga anak-anak yang belajar melalui kegiatan tersebut bisa melaksanakan ibadah di masjid ataupun di rumah masing-masing
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | merdansah merdansah merdansah |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 01:53 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 01:53 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8546 |
Actions (login required)
View Item |