Kontesa,, Febia (2022) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
FEBIA KONTESA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di RT: 22/RW. 2 Kelurahan Pematang Gubernur Kecamatan Muara Bangka Hulu Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Sampel dalam penelitian ini yaitu 28 orang anak yang berusia 5-6 tahun di RT. 22/RW. 2 Kelurahan Pematang Gubenur Kecamatan Muara Bangka Hulu Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Uji normalitas data dalam penelitian ini menggunakan rumus uji chi kuadrad, sedangkan uji homogenitas datanya menggunakan rumus uji F. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di RT. 22/RW. 2 Kelurahan Pematang Gubenur Kecamatan Muara Bangka Hulu Kota Bengkulu. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji hipotesis korelasional product moment bahwa hasil rxy sebesar 0,381 kemudian melihat rtabel nilai koefisien “r” product moment dari 28 adalah 0,374 yang artinya nilai tersebut lebih besar dari nilai rtabel yaitu 0,381 ≥ 0,374. Dengan demikian berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gadget, Perkembangan Sosial Emosional, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:23 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:23 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8773 |
Actions (login required)
View Item |