Petra, Arlita (2022) Strategi Guru PAI,Penanaman Nilai-Nila pluralism Agama. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
ARLITA PERA.pdf Download (2MB) |
Abstract
gama Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep nilai-nilai pluralisme agama yang diditerapkan di SMP Negeri 9 kota Bengkulu. Untuk mengungkap dan menjelaskan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan konsep nilai-nilai pluralisme agama di SMP Negeri 9 kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan Conclusion drawing atau Verification. Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Dari hasil penelitian yang telah di lakukan, maka dapat di ambil kesimpulan sebagai berikut: Strategi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pluralisme untuk mengarahkan dan memberi pemahaman dalam penanaman nilai-nilai pluralisme agama untuk saling menghargai, menghormati antar sesama umat beragama. Mereka bisa lebih bertoleransi dan kerja sama walau saling berbeda keyakinan, juga mereka di sekolah bisa mengikuti extrakulikuler supaya saling memahami atar kebiasaan tersendiri. Tujuan penelitian ini yaitu yang “pertama”untuk memungsikan peranan sekolah dalam menghadapi siswa yang beragam keagamaan. “kedua”untuk membantu siswa menumbuhkan rasa perlakuan positif terhadap suku budaya dan perbedaan agama. “ketiga”memberi kesempatan yang sama antar siswa muslim dan non muslim untuk belajar agama mereka masing tetapi tetap saling menghargai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru PAI,Penanaman Nilai-Nila pluralism Agama |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 01:46 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 01:46 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8899 |
Actions (login required)
View Item |