Julianti, Elisa (2021) Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah pada Pembelajaran Al-Qur‟an Hadits S. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
ELISA JULIANTI.pdf Download (12MB) |
Abstract
Kemampuan membaca huruf hijaiyah kurang diperhatikan oleh guru sehingga tingkat kemampuan membaca huruf hijaiyah belum diketahui. Selama ini siswa hanya mampu membaca huruf hijaiyah secara berurutan, sehingga saat siswa dihadapkan pada huruf hijaiyah yang disusun secara acak yang terdiri dari beberapa tanda baca, siswa jusru bingung dan hampir semua huruf tidak bisa dibaca dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan siswa membaca huruf hijaiyah pada Pembelajaran Al-Qur‟an Hadits Siswa Kelas III MI Negeri 2 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dengan 30 sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah mengajukan grafik dengan hitungan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca huruf hijaiyah termasuk dalam kategori sangat baik yaitu 81,8. Berdasarkan hasil pjenelitian ini, Guru Al-Qur‟an Hadits yang melaksanakan pembelajaran huruf hijaiyah direkomendasikan untuk melakukan pengulangan bacaan dan memberikan contoh dalam melafadzkan huruf hijaiyah dengan benar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kemampuan Membaca, Huruf Hijaiyah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 01:38 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 01:38 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8974 |
Actions (login required)
View Item |