Pengembangan Modul Berbasis Etnosains Dalam Pembelajaran IPA SD Materi Ekosistem Buatan (kolam) Di Suku Serawai Kabupaten Seluma.

Dewi, Loli Astika (2022) Pengembangan Modul Berbasis Etnosains Dalam Pembelajaran IPA SD Materi Ekosistem Buatan (kolam) Di Suku Serawai Kabupaten Seluma. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
LOLI ASTIKA DEWI.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengembangkan modul etnosains sebagai bahan ajar tentang materi ekosistem kolam pada pembelajaran IPA di SD Negeri 36 Kabupaten Seluma, Mengetahui kelayakan modul dengan pendekatan etnosainsmateri ekosistem kolam pada pembelajaran IPA di SD Negeri 36 Kabupaten Seluma, Serta Mengetahui keefektifan pengembangan model etnosains materi ekosistem kolam pada pembelajaran IPA di SD Negeri 36 Kabupaten Seluma. Metode dalam penelitian menggunakan metode Research and Development (R & D) meliputi beberapa tahapan: Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan berupa modul IPA yang berbasis etnosainsbagai bahan ajar IPA dengan sub Ekosistem Buatan (kolam) dan mengumpulkan informasi dari desa Tanah Abang suku serawai dan SD Negeri 36 Seluma. Bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) karena telah lolos tahap I dan tahap II dengan memperoleh rata-rata skor kelayakan desain 87%, kelayakan materi 86%, dan kelayakan p

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Etnosains, Ekosistem Kolam, SD 36 Seluma
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:00
Last Modified: 24 Jun 2022 03:00
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8991

Actions (login required)

View Item View Item