“Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Perkalian Berbasis Metode Montessori Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III di SDN 72 Kota Bengkulu”

Lestari, Syasmi Dwi (2022) “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Papan Perkalian Berbasis Metode Montessori Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III di SDN 72 Kota Bengkulu”. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img] Text (Skripsi)
SYASMI DWI LESTARI.pdf

Download (10MB)

Abstract

alam proses belajar mengajar, peserta didik masih terikat dengan benda�benda konkret. Pada pembelajaran matematika masih kurangnya pemanfaatan alat peraga pembelajaran yang kreatif. Hal ini menyebabkan dalam kegiatan pembelajaran siswa hanya mendengarkan penjelasan yang disampaikan tanpa terlibat banyak dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN 72 Kota bengkulu dengan pokok bahasan operasi hitung perkalian dengan menggunakan alat peraga papan perkalian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purvosive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t”. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga papan perkalian berbasis metode Montessori terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III di SDN 72 Kota Bengkulu. Hal tersebut dapat dibuktikan pada hasil pengujian uji “t” terhadap kedua kelompok, diperoleh

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Alat Peraga Papan Perkalian, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:12
Last Modified: 29 Jun 2022 03:12
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9015

Actions (login required)

View Item View Item