Agustina, Widya (2021) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas II di SD Negeri 59 Bengkulu Selatan”. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
Text (Skripsi)
WIDYA AGUSTINA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 kelas II di SD Negeri 59 Bengkulu Selatan dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 kelas II di SD Negeri 59 Desa Lubuk Resam Kecamatan Kedurang, Kabupaten Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan Jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian data yang di gunakan penelitian ini yaitu metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduction, display, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua telah perperan dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran daring seperti telah memenuhi fasilitas belajar anak di rumah, membimbingan dan memotivasi anaknya agar anak lebih giat untuk belajar. Peran orang tua di rumah sudah cukup baik dalam meningkatkan minat belajar siswa. Sehingga minat belajar siswa baik dengan diberikan motivasi dan bimbingan belajar oleh orang tua dalam pembelajaran di rumah. Faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa. yaitu memberikan nasehat, memberikan Reward atau pujian seperti peralatan sekolah namun jika anaknya malas untuk belajar maka orang tuanya memberikan punishment atau hukuman seperti tidak boleh menonton televisi sebelum belajar agar minat belajar pada siswa dapat ditingkatkan lagi. Serta faktor penghambatnya yaitu ada beberapa orang tua yang sibuk dengan pekerjaan dan siswa yang masih malas dalam mengerjakan tugas
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Peran Orang Tua, Minat Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 03:14 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 03:14 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9021 |
Actions (login required)
View Item |