Nita, Yolanda Widia (2022) “Peran Guru Kelas dalam Membimbing Rasa Percaya Diri Siswa di SD Negeri 05 Kepahiang”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI),. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
Text (Skripsi)
YOLANDA WIDA NITA.pdf Download (2MB) |
Abstract
epercayaan diri dimiliki oleh semua orang tidak terkecuali siswa Sekolah Dasar. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan oleh siswa dalam pembelajaran sehingga dapat memotivasi siswa untuk meraih prestasi dalam belajar. Akan tetapi tidak semua siswa memiliki rasa percaya diri yang cukup. Rasa minder, malu, takut dan lain-lain dapat menjadi kendala bagi siswa dalam berinteraksi baik dalam proses belajar di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Hasil observasi awal di SD Negeri 05 Kepahiang terungkap bahwa dalam proses pembelajaran masih ditemukan siswa yang tergolong memiliki rasa percaya diri yang rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru kelas dalam membimbing rasa percaya diri siswa di SD Negeri 05 Kepahiang dan apa hambatan yang dihadapi guru dalam menjalankan perannya. Jenis penelitian ini yaitu field research adalah penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan dengan menggunakan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan datanya yaitu perpanjangan keikutsertaan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Peran guru kelas dalam membimbing rasa percaya diri siswa di SD Negeri 05 Kepahiang yaitu: a) Guru sebagai motivator dengan memberikan motivasi kepada siswa; b) Guru sebagai inspirator dengan memberikan apresiasi kepada siswa; c) Guru sebagai pembimbing dengan mengajak siswa aktif berkomunikasi; d) Guru sebagai organisator dengan memberikan tanggung jawab khusus pada siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah; dan e) Guru sebagai pengelola kelas dengan mengatur tempat duduk siswa; 2) Hambatan yang dihadapi guru kelas dalam menjalankan perannya untuk membimbing rasa percaya diri siswa di SD Negeri 05 Kepahiang antara lain yaitu sebagian guru mata pelajaran yang kurang ikut serta dalam mengembangkan kepercayaan diri siswa, sebagian orang tua siswa kurang mendukung tindakan yang dilakukan guru kelas untuk mengembangkan kepercayaan diri siswa, dan sebagian siswa yang susah diajak berkomunikasi dan terlalu tertutup sehingga guru kesulitan untuk mengambil tindakan yang sesuai dengan kondisi siswa yang bersangkutan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Self Esteem, Internal Locus of Control, Istighasah. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 03:20 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 03:20 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9025 |
Actions (login required)
View Item |