PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMP KELAS VII

Sari,, Donda Liana (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPARKOL VIDEOSCRIBE BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMP KELAS VII. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
DONDA LIANA SARI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajara menggunakan media Sparkol videoscribe berbasis socio scientific issues pada materi pemanasan global di SMP kelas Vll untuk menguji kelayakan dan kemenarikan media pembelajara menggunakan media Sparkol videoscribe berbasis socio scientific issues pada materi pemanasan global Di SMP kelas Vll. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D), Prosedur pengembangan mengacu pada pengembangan menurut teori Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah tahapan. Dari 10 langkah tahapan tersebut akan diadapatasi peneliti disederhanakan menjadi 8 langkah tahapan pengembangan karena keterbatasan waktu dan biaya yang digunakan untuk produksi masal subjek penelitian untuk mengetahui kelayakan produk adalah guru dan siswa SMP kelas Vll. Penelitian ini menggunakan lembar validasi media Sparkol videoscribe berbasis socio scientific issues untuk mendapatkan penilaian dari validator. Pada materi pemanasan global di SMP kelas Vll . Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Borg & Gall yang terdiri dari (8) delapan tahapan yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi ahli, tahap revision desain, tahap uji coba skala kecil. Instrumen yang diginakan yaitu angket validasi kelayakan media sparkol videoscribe dan respon siswa terhadap media sparkol videoscribe berbasis socio scientific issus materi pemanasan global. Subjek dalam penelitian adalah 3 orang dosen Institut Agama Islam Negeri Bengkulu yang terdiri dari 1 orang dosen ahli media, 1 orang dosen ahli materi, dan 1 orang dosen ahli bahasa dan 1 orang guru IPA serta siswa SMP kelas Vll yang terdiri dari 10 orang siswa. Data dari hasil analisis angket dengan menghitung peresentase pencapaian pada setiap komponen yaitu 95% ( ahli media), 80% (ahli bahasa), dan 81,25% (ahli materi) dengan kategri layak digunakan. Data untuk uji praktifitas respon guru 100% dan respon siswa mencapai 90,2 sehingga media sparkol videoscribe layak digunakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : media sparkol videoscribe, socio scientific issues, pemanasan global
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:24
Last Modified: 29 Jun 2022 03:24
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9028

Actions (login required)

View Item View Item