PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMP

Turahmah,, Fadila (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMP. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
FADILA TURAHMAH.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu pada tanggal 17 November s.d 29 Desember 2021. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari delapan tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, mengembangkan desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk kelompok kecil, revisi produk dan produk akhir. Instrument yang digunakan adalah angket untuk kelayakan modul dan angket kepraktisan modul. Subjek penelitan adalah 3 dosen Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu yang terdiri atas 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media dan 1 dosen ahli bahasa, 6 orang guru IPA dan 15 orang siswa kelas VIII. Data hasil analisis angket kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis problem based learning yang dikembangkan layak untuk digunakan dengan persentase sebesar 92% untuk materi; 82,5% untuk media dan 86,7% untuk bahasa dengan (kategori sangat layak). Kepraktisan modul pembelajaran IPA berdasarkan data hasil respon siswa dan guru IPA yang dilakukan dalam skala kecil/terbatas menunjukan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis problem based learning materi sistem pernapasan manusia termasuk kriteria sangat praktis digunakan dengan persentase sebesar 86,97% untuk respon siswa dan 79,06% untuk respon guru. Kesimpulan penelitian ini adalah modul yang dikembangkan telah layak dan praktis digunakan sebagai bahan ajar untuk menunjang proses belajar mengajar pada materi sistem pernapasan pada manusia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP untuk kelas VIII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modul, Problem Based Learning, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:29
Last Modified: 29 Jun 2022 03:29
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9043

Actions (login required)

View Item View Item