Herlina,, Wira (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC (STEM) UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text (Skripsi)
WIRA HERLINA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan guru dalam proses pembelajaran dengan tujuan membantu menyampaikan materi pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran yang digunakan oleh guru berupa buku paket tebal dan LKS yang mana kedua media ini tidak cukup menarik minat siswa dalam belajar serta siswa membutuhkan media pembelajaran yang tidak monoton dan membentu siswa lebih memahami materi misalnya saja menggunakan media modul berbasis STEM, untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengethui analisis kebutuhan dan prototype modul dan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran modul. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall yang diadaptasi oleh sugiono dengan 8 tahapan yang terdiri dari Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk, Uji Coba Produk, Produk Akhir. Hasil uji kelayakan ahli materi sebesar 3,58, ahli media memperoleh skor sebesar 4, dan hasil validasi ahli bahasa memperoleh skor 3,7 dengan kriteria validasi “valid”. sedangkan uji respon guru memperoleh skor 98% dengan kriteria sangat menarik dan respon siswa memperoleh skor 94,5% dengan kriteria “sangat menarik”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Modul, IPA, STEM |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 03:30 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 03:30 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9051 |
Actions (login required)
View Item |