PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Saputri,, Uci Dui (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
UCI DUI SAPUTRI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa semua orang tua menginginkan pendidikan anaknya baik, sehingga dia memperhatikan dan mengoptimalkan untuk pendidikan anaknya. Adanya kebutuhan ini maka manusia terdorong untuk memenuhinya. Dorongan ini yang disebut dengan motivasi. Dalam hal ini, tentu peranan metode resitasi sangatlah penting. Bagaimana guru melakukan usaha-usaha untuk dapat menumbuhkan dan memberikan metode resitasi agar siswa melakukan aktivitas belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan metode resitasi terhadapa prestasi belajar siswa di sma negeri 10 kota bengkulu. (2) untuk mengetahui seberapa besar signifikansi pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap prestasi belajar siswa di sma negeri 10 kota bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis regsional. Populasinya pada sma negeri 10 kota bengkulu yang berjumlah 216 siswa menggunakan teknik proportoinatestratified. Sampelnya 68 siswa. Metode ini penelitian data dengan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada variabel x (metode resitasi) dan variabel y (prestasi belajar siswa) diuji hipotesisnya menggunakan rumus uji regresi sederhana dan diperoleh hasil konstanta sebesar 22,637. Berdasarkan T hitung yaitu 5,918 > 0,007 dari T tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima yang berarti ada pengaruh metode resitasi (x) terhadap prestasi belajar siswa (y) pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Sma Negeri 10 Kota Bengkulu. Sehingga pengaruh penggunaan metode resitasi (x), adalah sebesar 40, 2% sedangkan prestasi belajar siswa 59, 8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:36
Last Modified: 29 Jun 2022 03:36
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9078

Actions (login required)

View Item View Item