PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS XI IPS B SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Anggriani,, Rice Mairani (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS XI IPS B SMA NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
RICE MAIRANI ANGGRIANI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan suatu perubahan yang terdapat pada setiap siswa yang belajar.Perubahan itu mengenai pengetahuan dalam penguasaan, sikap dan kecakapan yang terdapat pada diri siswa yang sedang belajar tersebut.Hasil belajar juga adanya perubahan tingkah laku siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik setelah melalui kegiatan belajar di lingkungan sekolah.Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang pasti ada di setiap lembaga pendidikan / sekolah.Bahasa Indonesia itu sendiri wajib diikuti oleh seluruh siswa tanpa terkecuali.Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh penggunaan metode problem solving terhadap hasil belajar bahasa Indonesia di kelas XI IPS B SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Sedangkan populasi dan sampel pada penelitian ini sebanyak 32 siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode problem solving terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan teknik tes soal, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan dokumentasi. Tes soal ditujukan kepada siswa untuk mencari data hasil belajar bahasa Indonesia yang menggunakan metode problem solving. Berdasarkan hasil penelitian, pada variabel x (penggunaan metode problem solving) dan variabel y (hasil belajar bahasa indonesia) diuji hipotesisnya menggunakan rumus regresi linier dan diperoleh hasil konstanta sebesar 30,600. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 32 siswa. Berdasarkan T hitung yaitu 30,600 dan T tabel yaitu 1,998 sehingga dapat disimpulkan yaitu Ho ditolak dan Ha diterima, yang bearti ada pengaruh penggunaan metode problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS B SMA Negeri 10 Kota Bengkulu pada pembelajaran bahasa Indonesia. Dari hasil perhitungan yang menggunakan rumus regresi linier dengan bantuan aplikasi SPSS versi 20 (uji T) untuk mengetahui seberapa besar kontribusi antara variabel x (metode problem solving) dan variabel y (hasil belajar). Setelah diketahui bahwa pengaruhnya sebesar 68,43% dalam mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XI IPS B SMA Negeri 10 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Problem Solving, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: yuli astria ria
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:37
Last Modified: 29 Jun 2022 03:37
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9080

Actions (login required)

View Item View Item