STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU

Susanti, Erti (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU. Masters thesis, universitas islam negeri bengkulu.

[img] Text (SKRIPSI)
TESIS ERTI SUSANTI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA KAMPUNG MELAYU KOTA BENGKULU PENULIS : ERTI SUSANTI NIM : 1811540047 Pembimbing : 1. Dr. H. Mawardi Lubis. M.Pd 2. Dr. Mus Mulyadi, S. Ag, M.Pd Penelitian ini mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlak anak tunarungu serta beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran pendidikan agama Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dimana teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan hasil penelitian bahwa: strategi guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak anak tunarungu menggunakan metode strategi pembelajaran ekspositori yaitu metode pemodelan dan latihan dimana guru tidak banyak menjelaskan secara verbal namun guru lebih banyak menanyakan gambar, kemudian siswa seara berantian melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru seperti menunjukkan gambar yang tepat yang harus mereka pilih. Faktor pendukung dalam pembelajaran PAI terdiri atas 2 faktor yakni internal dan eksternal. Faktor internal mencakup Minat Siswa dan Motivasi. Sedangkan faktor eksternal yakni terciptanya hubungan yang harmonis antar guru dengan siswa serta guru dengan orang tua. Faktor penghambat terdiri atas 2 faktor yakni internal dan eksternal. Faktor internal mencakup faktor fisiologis (tidak berfungsi indera pendengaran siswa), faktor eksternal mencakup faktor psikologis yang terdiri atas kurangnya kemampuan ingatan siswa, terhambatnya perkembangan bahasa siswa, kurangnya konsentrasi belajar siswa. Faktor internal mencakup faktor lingkungan sosial sekolah (guru) yang terdiri atas, Guru tidak lulusan PLB, Minimnya jumlah guru agama Islam, Kurangnya persiapan guru dalam pembelajaran, Kurangnya penguasaan guru terhadap strategi pembelajaran. Kata Kunc: Strategi Guru, Pembinaan Akhlak Anak Tunarungu

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunc: Strategi Guru, Pembinaan Akhlak Anak Tunarungu
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:53
Last Modified: 19 Jul 2022 07:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9292

Actions (login required)

View Item View Item