Geni, Susilawati (2022) FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 28 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text
SKRIPSI GENI SUSILAWATI WORD.pdf Download (3MB) |
Abstract
Dalam penulisan skripsi ini penulis meneliti dan membahas tentang faktor-faktor penghambat keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II di SD Negeri 28 Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualititif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Informan atau subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru kelas dan 7 orang tua siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang berjumlah 18 orang dan di antaranya 2 orang siswa yang masih belum bisa membaca, 3 orang siswa yang masih mengeja, dan 2 orang siswa yang masih terbata-bata. Faktor-faktor penghambat keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II yaitu, Faktor fisiologis,faktor intelektual, faktor lingkungan, faktor psikologis, faktor internal yang terdiri dari dua aspek yaitu: aspek jasmani dan aspek rohani, faktor eksternal yang terdiri dari dua faktor yaitu: faktor keluarga dan faktor sekolah. Solusi untuk mengatasinya yaitu dengan cara memberikan pelajaran tambahan pada siswa di luar jam sekolah, melakukan pendekatan dengan anak yang memiliki kesulitan membaca permulaan, guru memberikan pelatihan khusus pada siswa yang memiliki kesulitan dalam membaca permulaan, hubungan kerjasama yang baik antara guru dan orang tua siswa, dan minat siswa yang harus dilatih serta dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor Penghambat, Membaca Permulaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H John Hendri |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 07:47 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 07:47 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9361 |
Actions (login required)
View Item |