PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MELALUI METODE EJA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN 114 BENGKULU SELATAN

Putri, Rini Julia Wulantika Tegoeh (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MELALUI METODE EJA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS II SDN 114 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
RINI JULIA WULANTIKA T.P.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peneliti mengangkat masalah mengenai kemampuan membaca melalui metode eja mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 114 Bengkulu Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan penggunakan metode eja dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II di SD Negeri 114 Bengkulu Selatan. Metode Eja adalah mengeja dan belajar membaca yang dimulai huruf demi huruf. Pendekatan yang dipakai dalam metode eja adalah pendekatan harfiah. Siswa mulai diperkenalkan dengan lembaga-lembaga huruf. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas siswa kelas II SD Negeri 114 Bengkulu Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, panduan observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan membaca siswa setelah menggunakan metode eja, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa dikelas II SD Negeri 114 Bengkulu Selatan sudah meningkat hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa tersebut dapat dilihat dari peningkatan pada tiap-tiap siklus

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca dan Metode Eja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arlan Arlan fairuz
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:53
Last Modified: 01 Aug 2022 03:53
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9371

Actions (login required)

View Item View Item