Ikromi, M Mizanul (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN BACA DAN PEMAHAMAN TAJWID BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL HASANAH PASAR PEDATI BENGKULU TENGAH. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
Text (Skripsi)
TESIS MIZAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Strategi Pembelajaran Baca dan Pemahaman Al Quran bagi Santri di Pondok Pesantren Al Hasanah Pasar Pedati oleh M. Mizanul Ikromi NIM 1811540045. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran, kualitas bacaan dan pemahaman dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran bacaan dan pemahaman Al-Quran di Pondok Pesantren Al Hasanah Pasar Pedati Bengkulu Tengah. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan metode kualitatif yang bermanfaat untuk memberikan infomasi, fakta dan data mekanisme pembelajaran bacaan AlQuran. Kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis dan dibahas untuk menjawab permasalahan tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan adalah model sorogan dan klasikal, kualitas bacaan dikategorikan cukup baik. Faktor pendukung pembelajaran adalah terpenuhinnya jumlah guru yang berpengalaman, kreatif dan aktif dalam mengajar, motivasi santri yang tinggi dalam belajar, program kegiatan yang menunjang dalam pembelajaran Al- Qur‟an, Tersediannya media pembalajaran, Lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat menurunnya kualiatas guru dari segi intelektualitas, pengalaman dan senioritas, kurangnya rasa tanggung jawab dan jiwa pendidik dari guru. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Baca, Pemahaman, Al Quran, Pondok Pesantren Al Hasanah Pasar pedati Bengkulu Tengah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Baca, Pemahaman, Tajwid, Pondok Pesantren Al Hasanah Pasar pedati Bengkulu Tengah |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 08:08 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 08:08 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9405 |
Actions (login required)
View Item |