PERANAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 76 KOTA BENGKULU

Mahmudah, Asroful (2022) PERANAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 76 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
skripsi Asroful Mahmudah (1811240097) PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK NAMA : Asroful Mahmudah NIM : 181140097 JUDUL : Peranan Guru Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negeri 76 Kota Bengkulu Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya kecerdasan emosional siswa serta belum dapat mengendalikan emosi, mudah tersinggung, mempunyai sensitivitas yang besar, kurang yakin dengan diri sendiri, kurang menghargai, mudah terpengaruh, bisa mengendalikan dan memahami emosi yang ada dalam dirinya sendiri. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif lapangan. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwasanya Peranan guru dalam menumbuhkan kecerdasan emosional peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 76 Kota Bengkulu sudah di jalankan oleh guru kelas VI, yaitu dengan memberi pengajaran dan contoh kepada siswa pada tingkat kecerdasan emosional setiap peserta didik pada lingkup mengenali emosi diri mereka sendiri, mengelolah emosi, memotivasi diri sendiri pada peserta didik, serta mengajarkan peserta didik untuk mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan baik dengan temannya. peranan ini di terapkan guru dengan menjalankan perannya sebagai demonstrator, fasilitator, pembimbing, motivator, serta mediator sehingga peserta didik dapat mengendalikan emosinya dengan baik. Kata kunci : Peranan Guru Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Peranan Guru Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:54
Last Modified: 24 Aug 2022 03:54
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9423

Actions (login required)

View Item View Item