IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN SISWA PADA MASA NEW NORMAL COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 01 KEPAHIANG

Yulisma, Kesi (2022) IMPLEMENTASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN SISWA PADA MASA NEW NORMAL COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 01 KEPAHIANG. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
KESI YULISMA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nama : Kesi Yulisma Nim : 1811240208 Prodi : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Judul Skripsi : Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Kejujuran Siswa pada Masa New Normal Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 01 Kepahiang ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui implementasi nilai pendidikan karakter kejujuran anak di rumah, (2) Megetahui metode yang digunakan dalam membentuk karakter kejujuran pada anak belajar, (3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan karakter kejujuran pada anak belajar di rumah masa new normal covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena data yang disajikan berupa kata-kata yang diperoleh dan diolah berdasarkan deskripsi penulis. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, implementasi pendidikan karakter kejujuran pada anak di rumah adalah melalui bimbingan dari orang tua serta mengikuti berbagai kegiatan tujuannya untuk membentuk karakter anak. Kedua, metode yang digunakan dalam membentuk karakter anak belajar di rumah adalah dengan metode keteladanan seperti orang tua melatih anak untuk menerapkan karakter kejujuran dalam kehidupan sehari�hari, dalam pembuatan tugas. metode pembiasaan seperti halnya melalui bimbingan orang tua dengan membiasakan berperilaku yang baik dan sopan dalam kehidupan sehari-hari, dan metode nasehat seperti anak diberikan nasehat dan motivasi tentang kejujuran pada anak belajar di rumah, agar anak semangat dalam xiii melakukannya. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter kejujuran pada anak belajar di rumah masa new normal covid-19 di MIN 01 Kepahiang, faktor pendukungya meliputi, adanya dukungan dari orang tua, alat komunikasi dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi, anak lebih mementingkan sesuai keinginannya, kurang percaya diri, tidak bisa mengendalikan emosi, tidak stabilnya koneksi jaringan dan lingkungan yang kurang kondusif. Kata Kunci : Implementasi, pe

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi, pendidikan karakter, Kejujuran, masa New Normal covid-19.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BH Aesthetics
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:55
Last Modified: 24 Aug 2022 03:55
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9483

Actions (login required)

View Item View Item