STRATEGI GURU UNTUK MEMBENTUK KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 38 BENGKULU SELATAN

Wahyuni, Wahyuni (2022) STRATEGI GURU UNTUK MEMBENTUK KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 38 BENGKULU SELATAN. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
029. WAHYUNI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui strategi guru untuk membentuk keaktifan siswa, untuk mengetahui keaktifan siswa dan juga mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam penerapan strategi guru untuk membentuk keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 38 Bengkulu Selatan. jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif diskriptif dengan menerapkan model penelitian Sugiono. Subjek penelitian adalah Guru dan siswa kelas IV SDN 38 Bengkulu Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwasanya Strategi guru untuk membentuk keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 38 Bengkulu Selatan yaitu dengan cara pengelolaan kelas, sikap mengajar, cara menjelaskan pembelajaran dan yang lainnya, Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dapat menambah semangat dan mengembangkan bakat yang dimilikinya untuk berani mengungkapkan apa yang terlintas dalam pikiran, berpikir kritis, dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari hari, Faktor pendukung dan penghambat guru dalam membentuk keaktifan siswa di kelas IV SD Negeri 38 Bengkulu Selatan meliputi faktor pendukung dan faktor penghambat yang mana terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Law
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:57
Last Modified: 24 Aug 2022 03:57
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9504

Actions (login required)

View Item View Item