SULIKAH, SEPTI HERAWATI (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN IPA INTERAKTIF BERBASIS ANIMAKER POKOK BAHASAN MATERI DAN PERUBAHANNYA DI KELAS VII SMP. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text
040. SULIKAH SEPTI HERAWATI.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagimana langkahlangkah desain pengembangan video pembelajaran IPA interaktif berbasis animaker pokok bahasan materi dan perubahannya, bagaimana kelayakan video pembelajaran IPA interaktif berbasis animaker pokok bahasan materi dan perubahannya, dan keefektifan video pembelajaran IPA interaktif berbasis animaker pokok bahasan materi dan perubahannya bagi siswa SMPN 20 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil pengembangan video pembelajaran IPA interaktif berbasis animaker pokok bahasanmateri dan perubahannya di kelas VII SMP nilai dari validasi ahli materi sebesar 100 %, dan ahli media sebesar 97,2 % dengan kategori sangat layak. Hasil angket respon guru sebesar 87,5 % dan siswa sebesar 81,6 % dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk uji efektivitas dilakukan pengujian hipotesis dengan Sig. (2-tailed)<0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan video pembelajaran IPA interaktif berbasis animaker dan telah diuji bahwa video pembelajaran IPA interaktif berbasis animaker sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan video pembelajaran, Animaker, Materi dan perubahannya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | H John Hendri |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 04:06 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 04:06 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9514 |
Actions (login required)
View Item |