PENGARUH PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD KELAS V GUGUS 10 KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU

Novitasari, Sefti Dwi (2022) PENGARUH PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD KELAS V GUGUS 10 KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
COVER TESIS ASLI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SD KELAS V SE-GUGUS 10 KECAMATAN RATU AGUNG KOTA BENGKULU Penulis : Sefti Dwi Novitasari NIM 1911540004 Pembimbing : 1. Riswanto, M.Pd, Ph. D 2. Dr. Ahmad Suradi, M. Ag Rumusan penelitian ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh pendidikan formal orang tua Terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas V SD se-Gugus 10 Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu? 2) Apakah ada pengaruh motivasi belajar Terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas V SD se�Gugus 10 Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu? 3) Apakah ada Pengaruh Pendidikan formal Orang Tua dan motivasi belajarsecara bersama-sama Terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas V SD se-Gugus 10 Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Kuantitatif Asosiatif. Tekni pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa dengan menggunakan tekni Random Sampling. Dalam penelitian menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Hasil pengujian nilai B sebesar 6,355 dan hasil uji t pada hipotesis I sebesar 7,566 ini berarti thitung > ttabel (7,566 > 2,020) dan signifikansi (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pendidikan Formal Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Kelas V se-Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu. 2) Hipotesis II Pengujian Nilai B sebesar 0,438 dan hasil uji t sebesar 2,268 ini berarti thitung > ttabel (2,268 > 2,020) dan signifikansi (0,001< 0,05) maka terdapat pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Kelas V se-Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu. 3) Dan Hipotesis III hasil uji R adjust square sebesar 0,651 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama Pendidikan Formal Orang Tua (X1) Dan Motivasi Belajar (X2) terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa (Y) SD Kelas V se�Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu dengan persentase 65% sedangkan 35% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini. Kata Kunci : Pendidikan Formal Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Formal Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:32
Last Modified: 15 Sep 2022 03:32
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9683

Actions (login required)

View Item View Item