SRI, NURMAWATI (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMENT DIAGNOSTIK THREE TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP CAHAYA. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.
Text
149. SRI NURMAWATI 1811260009.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian Pengembangan Instrument Diagnostik Three Tier pada Materi Cahaya ini bertujuan untuk menghasilkan instrument diagnostik three tier pada pembelajaran IPA Fisika materi cahaya yang telah layak dan valid, berdasarkan validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda, serta mengungkap miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik. Jenis penelitian ini adalah R&D. Metode penelitian menggunakan model pengembangan Borg and Gall, instrumen yang digunakan saat penelitian adalah butir soal pilihan ganda three tier, angket hasil validasi kelayakan dari tim validator ahli, angket kepraktisan guru dan siswa. Instrument diagnostik three tier diuji kan pada peserta didik kelas VIII SMP di Program Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah (PKPPS) Wustha Hidayatul Qomariyah. Prosedur penelitian dimulai dengan studi pendahuluan, perancangan draft produk, hingga pengembangan produk dilanjutkan dengan analisis three tier dari segi validitas, reliabilitas, dan tingkat kesukaran lalu analisis dan interpretasi miskonsepsi dari hasil three tier. Hasil penelitian diperoleh (1) instrument diagnostik three tier yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi cahaya (2) three tier yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, reliabel, taraf kesukaran, daya beda dan instrument diagnostik three tier juga dinyatakan layak digunakan dengan persentase hasil vaidasi ahli materi 88 % dan hasil validasi assessment 81% (3) hasil validitas butir soal dari 20 butir soal terdapat 5 butir soal yang tidak valid dan 15 butir soal dinyatakan layak dan valid (4) peserta didik mengalami miskonsepsi pada indikator memahami butir soal hitungan dan butir soal sifat-sifat cahaya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrument Diagnostik Three Tier, Miskonsepsi, Cahaya. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | H John Hendri |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 02:18 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 02:18 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9719 |
Actions (login required)
View Item |