PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI HEWAN VERTEBRATA DAN INVERTEBRATA DI SD NEGERI 104 KOTA BENGKULU

Septi, Mayang Sari (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI HEWAN VERTEBRATA DAN INVERTEBRATA DI SD NEGERI 104 KOTA BENGKULU. Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text
172. Septi Mayang Sari.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar IPA pada materi hewan vertebrata dan invertebrata di SD Negeri 104 Kota Bengkulu. Dengan pokok bahasan hewan vertebrata dan invertebrata dengan menggunakan media visual berupa patung hewan dan buku pintar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purvaosive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar IPA pada materi hewan vertebrata dan invertebrata di SD Negeri 104 Kota Bengkulu. Hal tersebut dapat dilihat di buktikan pada hasil pengujian “t” terdapat perbedaan antara perlakuan yang menggunakan media visual dan yang tidak menggunakan media visual sehingga berpengaruh sedang yaitu ditolak dan hipotesis kerja dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan media visual terhadap hasil belajar IPA pada materi hewan vertebrata dan invertebrata di SDN 104 kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Visual, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H John Hendri
Date Deposited: 22 Sep 2022 03:55
Last Modified: 22 Sep 2022 03:55
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9757

Actions (login required)

View Item View Item