PERSEPSI ORANG TUA REMAJA TERHADAP GAME ONLINE (Di Desa Lubuk Nambulan Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat Sumatera Selatan)

Selvya, Aprilita (2022) PERSEPSI ORANG TUA REMAJA TERHADAP GAME ONLINE (Di Desa Lubuk Nambulan Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat Sumatera Selatan). Diploma thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
APRILITA SELVYA.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Aprilita Selvya, 1811320095, 2022, : “Persepsi Orang Tua Remaja Terhadap Game Online (Di Desa Lubuk Nambulan Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat Sumatera Selatan)”. Ada satu masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu bagaimana persepsi orang tua remaja terhadap game online (di Desa Lubuk Nambulan Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat Sumatera Selatan). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi orang tua remaja terhadap game online (di Desa Lubuk Nambulan Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat Sumatera Selatan). Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis dan dibahas untuk menjawab permasalahan tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Persepsi orang tua remaja terhadap game online yaitu tidak baik, hal tersebut dikarenakan dampak negatif yang terlihat dari remaja itu sendiri, orang tua dan masyarakat sekitar. Dampak dari game online dapat menjadikan remaja kurang bergaul dan cenderung banyak diam dibanding dengan remaja lainnya. Kecanduan game online dapat mengganggu sekolah, mengganggu belajar dan merusak otak remaja, terbengkalainya tugas sekolah dan lupa kewajiban untuk belajar, sholat, dan lingkungan sekitar. Remaja yang kecanduan game online menjadi tidak mendengarkan nasihat orang tua, suka membantah ucapan orang tua, susah dipanggil dan disuruh jika main game, sering marah dan membentak ketika kalah dalam bermain game. Remaja yang bermain game tidak kenal waktu hingga larut malam dapat mengganggu ketenangan dan waktu istirahat masyarakat. Game online membuat remaja suka berkata kasar dan kotor, boros dll. Kata Kunci : Persepsi Orang Tua, Remaja, Game Online

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Persepsi Orang Tua, Remaja, Game Online
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 03 Oct 2022 03:13
Last Modified: 03 Oct 2022 03:13
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9965

Actions (login required)

View Item View Item