Angelia, Sifia Yuni (2021) GENDER REPRESENTATION IN AN ENGLISH TEXTBOOK ENTITLED BAHASA INGGRIS: WHEN ENGLISH COMES IN HANDY FOR TENTH GRADE STUDENTS (A Content Analysis). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
SKRIPSI FIRA FIX.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan kategori Visibilitas Gender dan dan Teori Peran Gender, representasi gender dan peran gender telah diklasifikasikan dalam beberapa aspek, yaitu Karakter Utama, Dinamakan sebagai Karakter tidak aktif, Tanpa nama Karakter tidak aktif, Penampilan dalam Ilustrasi, kata benda dan kata ganti. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi Gender dan peran gender dalam buku teks Bahasa Inggris berjudul Bahasa Inggris When English Comes in Handy untuk Siswa Kelas X yang Diterbitkan oleh Grafindo Media Pratama. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Laki�laki dominan dalam kategori seperti jumlah nama-non aktif, non-nama-non aktif, penampilan dalam ilustrasi dan judul & nama. Selain itu, karakter perempuan lebih dominan dalam karakter utama. Selain itu, peran gender termasuk peran gender domestik dan peran gender publik lebih dominan dilakukan oleh Laki-laki. Kesimpulannya, sesuai dengan teori Stockdale, perbedaan gender laki-laki dan perempuan lebih dari 5%, maka buku tersebut dapat dikatakan mengandung bias gender.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi Gender, Buku Ajar Bahasa Inggris |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 04 Nov 2021 07:54 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 07:54 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7590 |
Actions (login required)
View Item |