GENDER REPRESENTATION IN AN ENGLISH TEXTBOOK ENTITLED BAHASA INGGRIS: WHEN ENGLISH COMES IN HANDY FOR TENTH GRADE STUDENTS (A Content Analysis)

Angelia, Sifia Yuni (2021) GENDER REPRESENTATION IN AN ENGLISH TEXTBOOK ENTITLED BAHASA INGGRIS: WHEN ENGLISH COMES IN HANDY FOR TENTH GRADE STUDENTS (A Content Analysis). Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIRA FIX.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan kategori Visibilitas Gender dan dan Teori Peran Gender, representasi gender dan peran gender telah diklasifikasikan dalam beberapa aspek, yaitu Karakter Utama, Dinamakan sebagai Karakter tidak aktif, Tanpa nama Karakter tidak aktif, Penampilan dalam Ilustrasi, kata benda dan kata ganti. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi Gender dan peran gender dalam buku teks Bahasa Inggris berjudul Bahasa Inggris When English Comes in Handy untuk Siswa Kelas X yang Diterbitkan oleh Grafindo Media Pratama. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Laki�laki dominan dalam kategori seperti jumlah nama-non aktif, non-nama-non aktif, penampilan dalam ilustrasi dan judul & nama. Selain itu, karakter perempuan lebih dominan dalam karakter utama. Selain itu, peran gender termasuk peran gender domestik dan peran gender publik lebih dominan dilakukan oleh Laki-laki. Kesimpulannya, sesuai dengan teori Stockdale, perbedaan gender laki-laki dan perempuan lebih dari 5%, maka buku tersebut dapat dikatakan mengandung bias gender.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Representasi Gender, Buku Ajar Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: ms yuliana saputri
Date Deposited: 04 Nov 2021 07:54
Last Modified: 04 Nov 2021 07:54
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7590

Actions (login required)

View Item View Item