EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN RW 04 KELURAHAN BENTIRING PERMAI KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

SARIYAH, (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 SISWA SEKOLAH DASAR DI LINGKUNGAN RW 04 KELURAHAN BENTIRING PERMAI KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. Diploma thesis, IAIN BENGKULU.

[img] Text
skripsi sariah.docx

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK SARIYAH, NIM. 1611240124. Efektivitas Pembelajaran E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar Di Lingkungan RW 04 Kelurahan Bentiring Permai Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, IAIN Bengkulu. Pembimbing: 1. Dr. H. Mawardi Lubis, M.Pd, 2. Nurlia Latipah, M.Pd, Si. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajara e-learning pada masa pandemi covid-19 siswa sekolah dasar di lingkungan RW 04 Kelurahan Bentiring Permai Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Peneliti melakukan penelitian ini pada siswa dan guru kelas 4 dan kelas 5 yang berada di lingkungan RW 04 Kelurahan Bentiring Permai Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif evaluatif. Pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran e-learning pada masa pandemi covid-19 siswa sekolah dasar di lingkungan RW 04 Kelurahan Bentiring Permai Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu sudah efektif. Sebagai bukti bahwa empat kriteria ukuran efektivitas menurut teori Slavin sudah terlaksana dengan efektif yaitu 1. kualitas pembelajaran atau mutu pengajaran dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang mencapai 85% mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), 2. Kesesuaian tingkat pengajaran yang tepat dapat dilihat dari kesiapan belajar siswa yang baik. 3. Insentif guru dalam memotivasi siswa untuk mengerjakan tugas dan mempelajari materi yang diberikan. 4. Waktu dapat dilihat dari kesesuaian waktu yang diberikan kepada siswa dapat menyelesaikan pembelajaran sesuai alokasi waktu yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.IP Muhammad Yusrizal
Date Deposited: 06 Apr 2021 01:18
Last Modified: 06 Apr 2021 01:18
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/5762

Actions (login required)

View Item View Item