Karnedi, H.Rozian (2021) METODE PEMAHAMAN HADIS (Aplikasi Pemahaman Tekstual & Kontekstual). IAIN Bengkulu Press. ISBN 978-602-71650-8-3
Text
METODE PEMAHAMAN HADIS.docx Download (275kB) |
Abstract
Dalam memahami hadis terdapat dua metode yakni metode tekstual dan metode kontekstual. Metode tekstual dilakukan jika ada qarinah yang mengharuskan seperti indikasi lafazh dan keterkaitannya dengan berbagai aspek. Dalam memahami hadis secara kontekstual diperlukan berbagai pendekatan seperti pendekatan bahasa, asbab al-wurud (historis, sosiologis), pendekatan fisikologis, filosofis dan antropologi. Dengan bantuan berbagai pendekatan itu, pemahaman atas suatu hadis akan menjadi lebih utuh dan sempurna. Diperlukan kegiatan ijtihad untuk memahami hadis-hadis Rasulullah supaya suatu hadis tetap relevan dengan waktu dan situasi apapun. Metode dan pendekatan dalam pemahaman hadis yang telah dilahirkan oleh para ulama di atas hanya sebagian dari metode dan pendekatan yang telah ada, dan tidak tertutup kemungkinan masih ada metode-metode lain yang perlu dikembangkan dan diteruskan oleh genarasi sekarang dan akan datang. Dalam mensyarah hadis (dalam bentuk tertulis), para ulama menggunakan empat metode, yaitu metode tahlili (analitis), metode ijmali (global), metode muqarin (perbandingan), dan metode maudhu’i. Ibarat gading tak retak, keempat metode itu mempunyai kelebihan maupun kelemahan masing-masing. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan, maka tak diragukan lagi akan muncul metode maupun pendekatan baru untuk memahami hadis, karena hadis merupakan salah satu sumber pokok hukum Islam kedua setelah Al-Qur’an yang tentunya tidak akan lepas dari kajian maupun penelitian.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Ushuluddin Adab dan Dakwah > Tafsir Hadits |
Depositing User: | Syahril Syahril M.Ag |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 08:01 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 08:01 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/6618 |
Actions (login required)
View Item |