AN ANALYSIS OF ENGLISH STUDENTS’ MOTIVATION IN SPEAKING CLASS DURING NEW NORMAL ERA (A Descriptive Quantitative Study at the second Semester of English Department of IAIN Bengkulu Academic Year 2020/2021)

Sari, Tri Nengsi Puspita (2021) AN ANALYSIS OF ENGLISH STUDENTS’ MOTIVATION IN SPEAKING CLASS DURING NEW NORMAL ERA (A Descriptive Quantitative Study at the second Semester of English Department of IAIN Bengkulu Academic Year 2020/2021). Diploma thesis, UIN FAS Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TRI NENGSI PUSPITA SARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat motivasi mahasiswa pada kelas speaking pada era new nomal, dan untuk mengetahui tipe yang dominan apakah motivasi intrinsic atau extrinsic yaitu mahasiswa semester dua di Jurusan Bahasa Inggris IAIN Bengkulu, kemudian untuk mengetahui hambatan atau kesulitan yang di hadapi siswa selama belajar di era new normal beserta solusi untuk beberapa hambatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan wawancara. Kuesioner terdiri dari 36 pertanyaan yang terbagi menjadi motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Data disajikan secara statistik menggunakan persentase, frekuensi, mean aritmatika, dan pembagian standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata skor motivasi intrinsic (3,89) lebih tinggi dari rerata skor motivasi extrinsic(3,39). Namun, rata-rata motivasi secara keseluruhan sebesar 3,68 dianggap sebagai tingkat motivasi yang tinggi meskipun saat ini sedang menempuh pendidikan di tengah pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa belajar bahasa Inggris di kelas berbicara dengan motivasi intrinsik. Mereka aktif dalam berbicara dan belajar bahasa Inggris karena keinginan batin mereka. Berdasarkan temuan penelitian ini, direkomendasikan beberapa implikasi pembelajaran motivasional yang relevan dan bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Kemudian, dalam pembelajaran selama era new normal peserta didik kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh dosen, sering mengalami kehabisan kuota disaat mengikuti pembelajaran yang disampaikan melalui google meet, kesulitan mendapatkan jaringan atau signal yang stabil pada saat mengikuti pembelajaran, sehingga pembelajaan yang didapatkan menjadi kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar (Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik), Kelas Berbicara, Era New Normal.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:39
Last Modified: 23 Sep 2021 03:41
URI: http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/7071

Actions (login required)

View Item View Item