Susanti,, Arensi (2022) PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SDN 09 KEPAHIANG. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Text
ARENSI SUSANTI.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media flash card dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 09 Kepahiang, yang terdiri dari dua kelas. Peneliti mengambil kelas IV A dan IV B untuk dijadikan sampel yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan 20 orang sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen (Quasi Experimental Design) dengan pendekatan Nonequivalent Control Group Desain. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah kemampuan pretest diperoleh, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembelajaran dengan menggunkan media flash card. Setelah kemampuan pretest diperoleh, maka selanjutnya adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media flash card untuk kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan perlakuan tanpa menggunakan media flash card pada kelas IV B sebagai kelas kontrol. Sehingga diperoleh kemampuan posttest pada kelas 1V A yang menggunakan media flash card bila dilihat dari frekuensi hasil belajar siswa 3 siswa dikelompokkan atas/tinggi (15%) dengan nilai tes 92,25 ke atas,13 siswa kelompok tengah/sedang (65%) dengan nilai tes 72,25 - 92,25 dan 4 siswa kelompok rendah (20%) dengan nilai tes 72,25 ke bawah. Serta nilai rata-rata posttest pada kelas IV A sebesar 82,25. Sedangkan kemampuan posttest pada kelas IV B tanpa menggunakan media flash card bila dilihat dari frekuensi hasil belajar 3 siswa dikelompokkan atas/tinggi (15%) dengan nilai tes 80,35 ke atas, 14 siswa kelompok tengah/sedang (70%) dengan nilai tes 63,15 – 80,35 dan 3 siswa kelompok rendah (15%) dengan nilai tes 63,15 ke bawah. Serta nilai ratarata posttest kelas IV B sebesar 71,75. Berapabila dikonsultasikan dengan dasarkan perhitungan di atas. Dari hitungan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t terhadap kedua kelompok dengan ttabel dengan df 40 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,021. Dengan demikian thitung> ttabel (3,441> 2,021) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian diterima, yaitu penggunaan media flash card dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 09 Kepahiang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flash Card, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | yuli astria ria |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 04:05 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 04:05 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8282 |
Actions (login required)
View Item |