Niasih, Sintia (2022) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 132 REJANG LEBONG. jurnal. (Submitted)
Text (Skripsi)
SINTIA NIASIH.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 132 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD N 132 Rejang Lebong. Data yang diperoleh dan di analisis dengan menggunakan teknik analisis data dari uji validitas menggunakan rumus product momen terdapat hasil 42 soal dinyatakan valid, uji reabilitas ,menggunakan alpha cornbach menggunakan spss-20 hasilnya 0,851 sehingga dinyatakan reliabel yang sangat kuat, uji normalitas menggunakan spss-20 dengan rumus kolmogoro-smirnov yaitu 0,709>0,05 atau 5%, uji linearitas (uji F) berdasarkan tabel Anova spss-20 signifkan 0,854 >0,05 nilai Fhitung 0,600<Ftabel 2,880125 maka disimpulkan signifikan antara variabel X dan Y, dan analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dilihat dari tabel coeficient Y= a+bx maka Y=24.533+0,441X dengan uji T melalui uji spss-20 T hitung 8.942 dengan nilai signifikan 0,00<0,05 dengan taraf 5% dan df= n-1-1=36,dan koefisien determinasi (R2 ) nilai R Square 0,69 atau 69% dan sisanya 31% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Dukungan Sosial, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 01:33 |
Last Modified: | 22 Jun 2022 01:33 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/8938 |
Actions (login required)
View Item |