Ana, Melvi (2022) PERAN TEMAN SEBAYA (PEER) DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS VI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 21 LEBONG. Diploma thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
Text (Skripsi)
SKRIPSI MELVI ANA PDF.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran teman sebaya (peer) dalam pembentukan kepribadian siswa di SD Negeri 21 Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi (non partisipatif), wawancara (semi terstruktur), dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan teknik keabsahan datanya adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dari penelitian ini yaitu: peran teman sebaya (peer) dalam pembentukan kepribadian siswa kelas VI di SD Negeri 21 Lebong, diantaranya: 1) Teman sebaya berperan sebagai fasilitator, maksudnya teman sebaya berperan memberikan informasi-informasi baru yang belum siswa ketahui, yang bisa mengarah pada perilaku yang lebih baik atau sebaliknya, teman sebaya mengajarkan bagaimana cara bersosialisasi dan berkomunikasi, dan memberikan perhatian. 2) Teman sebaya berperan sebagai mediator, maksudnya meluangkan waktu untuk mendengarkan cerita temannya, tempat berkeluh kesah dan membantu memecahkan permasalahan yang dialami temannya serta memberikan nasehat dan teman sebaya merupakan tempat bertukar perasaan dan masalah bagi siswa. 3) Teman sebaya berperan sebagai motivator, maksudnya teman sebaya berperan memberikan dukungan serta semangat dan mengajak belajar bersama, yang mana memberi dukungan dan semangat kepada siswa merupakan suatu hal yang sangat penting x dalam pembentukan dan perkembangan kepribadian anak apalagi dukungan tersebut berasal dari teman sebayanya. Kata kunci: Peran Teman Sebaya, Pembentukan Kepribadian
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Peran Teman Sebaya, Pembentukan Kepribadian |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ms yuliana saputri |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 08:09 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 08:09 |
URI: | http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/9415 |
Actions (login required)
View Item |